Seputar Peradilan

Demi Upacara HUT MA Ke 73, ASN PA Kayuagung Berkumpul Di Palembang

PALEMBANG | Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pengadilan Agama Kayuagung Kelas IB, berkumpul di kantor Peradilan Militer I-04 Palembang pada Ahad, (19/8) kemarin. Mereka bergabung dalam rangka mengikuti upacara hari ulang tahun (HUT) Mahkamah Agung Republik Indonesia yang ke - 73.

Mulai dari Ketua, para hakim, panitera, sekretaris, para kasubbag, panitera muda, dan seluruh ASN dan tenaga honor PA Kayuagung hadir di sana. Upacara tersebut, selain dihadiri oleh seluruh ASN PA Kayuagung dan pegawai Peradilan Militer I-04 Palembang, juga dihadiri oleh seluruh ASN dari PTA Sumatera Selatan, PA Palembang Kelas IA, dan PA Sekayu Kelas II.

hut ma

Foto : Peserta upacara gabungan HUT MA RI 73 (PTA Sumsel, PA Kayuagung, PA Palembang, PA Sekayu & Dilmil - 04 Palembang)

Landasan dilaksanakannya upacara tersebut, mengacu pada instruksi Sekretaris Mahkamah Agung A.S. Pudjoharsoyo kepada seluruh pengadilan pada empat lingkungan peradilan untuk menyelenggarakan upacara bendera pada hari Minggu tanggal 19 Agustus 2018.

Adapun ketentuannya adalah sebagai berikut:

Pertama, Pelaksanaan Upacara memperingati Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung yang ke-73 pada empat lingkungan peradilan tingkat provinsi dipusatkan di kantor pengadilan tingkat banding dan bagi pengadilan tingkat pertama yang terletak jauh dari Ibu Kota Provinsi / dari kantor Pengadilan Tingkat Banding atau karena kesulitan transportasi, Upacara dilaksanakan pada salah satu kantor Pengadilan Tingkat Pertama di Kabupaten / Kota, sesuai dengan situasi dan kondisi;

Kedua, Tema HUT Mahkamah Agung Ri ke 73 tahun 2018 adalah “Era Baru Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi”;

Ketiga, Waktu pelaksanaan upacara pada pukul 07.30 waktu setempat dengan Inspektur upacara, untuk Pengadilan Tingkat Banding adalah ketua Pengadilan Tinggi dan untuk Pengadilan Tingkat Pertama adalah Ketua Pengadilan Negeri;

Keempat, membacakan amanat tertulis Ketua Mahkamah Agung.

Kelima, Pelaksanaan upacara bendera mengikuti tata tertib upacara bendera.

Keenam, pakaian upacara adalah pakaian olah raga.

Ketujuh, setelah pelaksanaan upacara HUT Mahkamah Agung RI yang ke 73, dilanjutkan dengan kegiatan olah raga atau kegiatan-kegiatan lainnya, seperti bakti sosial, sesuai dengan kondisi masing-masing wilayah.

Wajar saja, jika demi melaksanakan upacara, ASN PA Kayuagung harus bangun pagi dini hari dan menuju kota Palembang dalam perjalanan sekitar 2,5 jam.

Apresiasi tersebut disampaikan oleh Ketua PTA Sumatera Selatan di sela pemotongan tumpeng usai upacara dan jalan sehat. Menurut Dr. H. M. Syarif Mappiase, SH, MH, bentuk bakti dan loyalitas pada institusi banyak macamnya, salah satunya dengan mengikuti kegiatan dan program yang telah ditetapkan.

Bagi Ketua PTA Sumsel tersebut, kehadiran para ASN PA Kayuagung merupakan bentuk loyalitas dan bakti pada institusi Mahkamah Agung. Sebelumnya, beliau meragukan PA Kayuagung dapat menghadirkan seluruh ASN pada acara upacara HUT MA tersebut, mengingat jarak jauh dan pelaksanaan acara di pagi hari. Namun, ternyata atas kerjasama, loyalitas, dan kekompakan dari seluruh ASN PA Kayuagung, keraguan Ketua PTA Sumsel itu tidak terjadi.

“Kita buktikan PA Kayuagung hebat, akreditasi siaap !” celetuk salah seorang hakim yang diamini sebagian ASN.

Upacara usai, jalan sehat selesai, pemotongan tumpeng juga habis, acara dilanjutkan dengan perlombaan persahabatan bola volley antar PA-Dilmil, PTA-Dilmil, dan PA-PA. Selamat hari jadi Mahkamah Agung yang ke - 73, PA Kayuagung; “hebat, akreditasi siap!” (Arqom/Alim)