Seputar Peradilan

PA Kayuagung Sukses Laksanakan Sidang Itsbat Nikah Terpadu Tahap III Kab. Ogan Ilir

Jumat, 20 April 2018, bertempat di Aula Caram Seguguk kantor lama Kabupaten Ogan Ilir melaksanakan Itsbat Nikah Terpadu untuk gelombang ketiga dirangkaikan dengan penutupan Itsbat Nikah Terpadu untuk tahun 2018, kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Pengadilan Agama Kayuagung, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan, Kepala Kementerian Agama Ogan Ilir dan Camat Indaralaya Kabupaten Ogan Ilir;

Sambutan Bupati Kab. Ogan Ilir diwakili oleh Kadisdukcapil Achmad Lutfi, S.Sos., M.SI sejak Kabupaten Ogan Ilir terbentuk baru kali ini pelaksanaan Itsbat Nikah Terpadu merupakan upaya pemerintah Kabupaten Ogan Ilir agar masyarakat sadar hukum pentingnya buku nikah, selama ini Disdukcapil terbentur menerbitkan akta kelahiran yang menyandarkan nama orang tua bin atau binti bapaknya karena tidak adanya buku nikah, jadi ini salah satu alasan dilaksanakannya Itsbat Nikah Terpadu untuk tahun 2018 dilaksanakan sebanyak 300 pasang dibagi menjadi 3 tahapan. Diharapkan kepada masyarakat yang tidak memiliki buku nikah harap untuk melapor kepada Disdukcapil tanpa biaya alias gratis, jika terjadi oknum-oknum yang meminta imbalan, maka laporkan kepada pihak yang berwenang.

IMG 20180420 095140

Perlu diketahui bersama bahwa baru kali ini ada yang melaksanakan Itsbat Nikah Terpadu yang mana pada hari itu juga Buku Nikah bisa terbit demikian juga akta kelahiran. Jika ternyata di dalam proses pelasanaan ada yang belum bisa terbit buku nikah karena perkaranya tidak diterima, maka itu ranah atau wewenang penuh Pengadilan Agama Kayuagung tanpa ada kaitan dengan pemerintah daerah. Data yang diperoleh untuk Kabupaten Ogan Ilir secara keseluruhan ada 3000 pasangan suami isteri yang tidak tercatat pernikahannya. Untuk tahun 2019 nanti sudah ada 600 pasang yang sudah mendaftarkan diri di Kadisdukcapil, diharapkan perhatian agar persyaratan-persyaratan yang ditetapkan oleh peraturan dipenuhi, jika tidak terpenuhi tidak akan disahkan oleh Pengadilan Agama. Terima kasih atas kerjasama selama ini untuk Pengadilah Agama Kayuagung, Kementerian Agama Kabupaten Ogan Ilir dan Disdukcapil, semoga kerjasama ini bisa berjalan seterusnya dengan baik. Ungkap Kadisdukcapil.

Drs. Ikhsan, S.H., M.A menyampaikan sambutannya diawali dengan ucapan selamat kepada pasangan suami isteri yang akan diitsbatkan nikahnya karena pemerintah telah menfasilitasi untuk pelaksanaan Itsbat Nikah Terpadu ini, harapan besar ke depan jika menikahkan anak-anak dan cucu-cucunya agar memberi perhatian lebih mengenai pencatatan nikah, karena jika tidak memiliki buku nikah maka akan bekerja 2 kali, harus diitsbatkan dulu lalu bisa menerbitkan buku nikah. Jadi buku nikah adalah pintu dasar untuk melakukan beberapa perbuatan hukum diantaranya penerbitan kartu keluarga, akta kelahiran, syarat berangkat haji dll. terangnya.

Kepala KUA Tanjung Batu mewakili Kepala Kementerain Agama Kabupaten Ogan Ilir menyampaikan sambutannya bahwa Kementerian Agama membantu masyarakat untuk penerbitan buku nikah, untuk saat ini data di Kementerian Agama telah terhubung dengan data yang ada di Menkumham, ini adalah fasilitas dari pemerintah Kabupaten Ogan Ilir jadi kesempatan ini dipergunakan sebaik-baiknya, mudah-mudahan kegiatan ini diberkahi oleh Allah, SWT. ungkapnya.

Di penutupan Itsbat Nikah Terpadu semua yang hadir larut dalam doa yang dipimpin oleh KH. Najib.