Seputar Peradilan

Pengadilan Agama Kayuagung Mengikuti Sosialisasi Penyempurnaan SAPM Tahun 2018

WhatsApp Image 2018 04 10 at 09.07.31

Kayuagung | www.pa-kayuagung.go.id

Senin, 02 April 2018, Pengadilan Agama Kayuagung mengerahkan beberapa personil TIM SAPM PA. Kayuagung terdiri dari Ketua SAPM, Sekertaris SAPM, PJ. Manajemen, PJ. Kesekertariatan, PJ. Kepaniteraan untuk mengikuti Sosialisasi Penyempurnaan SAPM Tahun 2018 di lingkungan Pengadilan Agama dilaksanakan di ruang Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Sumatera Selatan yang juga dihadiri oleh TIM dari PA Palembang.

Drs. H. Pahri Hamidi, S.H. (Panitera PTA Sumsel) dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan SAPM adalah kegiatan Mahkamah Agung secara nasional sehingga dimanapun kita berada pasti menjumpai SAPM, sebelum kegiatan ini telah dilakukan sosialisasi kepada PA2 yang lain untuk menerapkan sistem yang baru disAusul PA Kayuagung dan PA Palembang untuk menyempurnakan, tentunya terdapat beberapa perubahan2 yang harus ditindak lanjuti dan pastinya yang telah memperoleh akreditasi A Exellent” akan menjumpai tantangan yang lebih berat.

Drs. Abdullah, S.H., M.H dan Ledya Faramita, S.E.,M.H. bertindak selaku pemateri menerangkan bahwa tahapan SAPM 2018 masih sama dengan yang lalu hanya terdapat penambahan item tertentu diantaranya Dokumen dan Telusur dengan sistem penilaian berbeda dengan yang lalu karena untuk 2018 harus terdapat bukti telusur. Pemateri memberi contoh Alat Pemadam Api Ringan (APAR) akan ditelusuri apakah APAR tepat penempatan, berfungsi, pernah disimulasikan, petugas penanggung jawab dll. terang pemateri.

SAPM 2018 juga terjadi perbuahan pada penyebutan penomoran yang harus dipedomani dalam menyusun dokumen, perubahan lain mengenai Manajemen Resiko harus memuat analisis SWOT yang lingkupnya penilaian tidak hanya untuk pelanggan namun juga untuk seluruh pegawai.

Di penghujung acara TIM SAPM PTA Sumsel menyarankan agar Pengadilan Agama Kayuagung dan Pengadilan Agama Palembang proaktif mengupas berbagai kendala yang ditemui di lapangan melalui wadah yang telah disediakan oleh TIM SAPM.